CARA MEMBUAT RATU LEBAH MELLIFERA YANG BARU

CARA MEMBUAT RATU LEBAH BARU

 

CARA MEMBUAT RATU LEBAH
CARA MEMBUAT RATU LEBAH

cara membuat ratu lebah yang baru

untuk mendapatkan keturunan lebah yang bagus  dan produktif  ada beberapa hal yang harus di perhatikan diantaranya adalah,

  1. pilihlah koloni lebah yang aktif dan sehat ,dan diharuskan pada stup terdapat cadangan makanan(madu&bee pollen) yang mencukupi,karena jika pakan tidak mencukupi atau lebah dalam keadaan miskin dan kelaparan maka proses akan terhambat atau gagal.

stup super akan berfungsi sebagai mesin pencetak ratu lebah

  1. jumlah sisiran sarang lebah berisi penuh
  2. berjumlah minimal 7 sarang di bawah dan 7 sarang di atas
  3. carilah sarang lebah yang  larva yang menetas 3 hari urutan stup atas
  4. satu bilah sarang terdapat bee pollen melimpah,bertujuan mendekatkan makanan untuk lebah dewasa menyusui bakal ratu nantinya
CARA MEMBUAT RATU LEBAH BARU
CARA MEMBUAT RATU LEBAH

latakkan penyekat lebah pada atas stup pertama untuk menghalangi agar ratu lebah lama tidak naik pada stup atas,karena jika ratu lebah yang lama menerobos stup atas ,maka calon ratu baru akan di bunuh,karena ratu tidak menizinkan adanya ratu baru dalam sebuah koloninya

penyekat ratu lebah
CARA MEMBUAT RATU LEBAH

masukkan telur lebah sang sudah dipilih ,kedalam sel ratu lebah ,carilah jentik lebah yang paling kecil ,dan memiliki banyak cairan putih(susu lebah)sertakan susu lebah kedalam sel buatan,agar tidak mati kering ,jangan mengambil larva atau jentik yg ukurannya besar…tempatkan pada tengah tepat ,hati hatilah dalam mengambil ,jentiknya ,karena kalau sampai terluka maka calon ratu bisa di buang atau bahkan terlahir cacat

CARA MEMBUAT RATU LEBAH
CARA MEMBUAT RATU LEBAH

GUNAKAN STICK DALAM PENGAMBILAN JENTIK CALON RATU LEBAH UNTUK MEMUDAHKANNYA

 CARA MEMBUAT RATU LEBAH
CARA MEMBUAT RATU LEBAH

SETELAH SELESAI URUTAN JENTIK LEBAH MASUK SEMUA  ,MASUKKAN PADA STUP LEBAH ATAS PADA POSISI TENGAH ,DAN PERHATIKAN DI KANAN KIRI FRAME RATU LEBAH ADALAH BINGKAI SARANG LEBAH BERISI LARVA ,PUPA,DAN TELUR YANG TERDAPAT BANYAK LEBAH DISANA

CARA MEMBUAT RATU LEBAH
CARA MEMBUAT RATU LEBAH

 

11SETELAH TINGGAL 2 HARI MENETAS  AMBILLAH SELL CALON RATU LEBAH YANG BARU ,DAN TEMPATKAN PADA POSISI ATAS SARANG LEBAH YANG BELUM MEMILIKI RATU

CARA MEMBUAT RATU LEBAH
CARA MEMBUAT RATU LEBAH
CARA MEMBUAT RATU LEBAH
CARA MEMBUAT RATU LEBAH
CARA MEMBUAT RATU LEBAH
CARA MEMBUAT RATU LEBAH

 

CARA MEMBUAT RATU LEBAH
CARA MEMBUAT RATU LEBAH

SETELAH 3 HARI BENTUK SEPERTI INI

CARA MEMBUAT RATU LEBAH
CARA MEMBUAT RATU LEBAH

RATU BARU MENETAS BERBENTUK SEPERTI INI

CARA MEMBUAT RATU LEBAH
CARA MEMBUAT RATU LEBAH

 

penempatan sel ratu lebah pada sarang
penempatan sel ratu lebah pada sarang

SETELAH MENETAS. dalam seminggu ratu lebah akan melakukan perkawinannya dengan pejantan dari koloni yang lain mulai bertelur ,setelah melakukan perkawinannya dengan pejantan dari stup lebah yang lain

jika gagal menetas anda bisa memulainya seperti awal,

pertanyaan umum yang pernah masuk adalah

-pak saya mau pesan ratunya saya apa bisa?

=JAWAB .BISA TETAPI UNTUK BETERNAK LEBAH TIDAH BISA HANYA DENGAN MEMELIHARA RATU SAJA,TUGAS RATU HANYA BERTELUR ,BUKAN MENCARI MADU DAN MERAWAT ANAK LEBAH,

UNTUK BETERNAK LEBAH MEMERLUKAN KOLONI YANG TERDIRI DARI RATU LEBAH,LEBAH PEKERJA ,LEBAH PEJANTAN,

-berapa harga ratu lebah satunya pak bisa kirim ke alamat saya tidak

=JAWAB= BIASA ,SILAHKAN DATANG KE ALAMAT SAYA DAN MEMBAWA RATU LEBAH,DAN SAYA TIDAK BISA MENGIRIM KE ALAMAT ANDA KARENA LEBAH ADALAH NYAWA,SEMENTARA SAYA BELUM MENEMUKAN JASA PENGIRIMAN HEWAN /SERANGGA LEBAH,JADI SILAHKAN DATANG LANGSUNG

-berapa harga ratu lebah pak?

=JAWAB= HARGA RATU LEBAH Rp.200.000

70 thoughts on “CARA MEMBUAT RATU LEBAH MELLIFERA YANG BARU

  1. andi 18 Maret 2015 / 02:39

    maz cara membasmi kutu di sarang lebah bagai mana caranya…..

    Suka

  2. aarearha 8 Maret 2015 / 13:54

    Ikut nongkrong mas dimari, kepengen banget punya pabrik madu ke gitu yh buat pribadi paling 1 / 2 sarang.

    Suka

  3. maharudin 25 Februari 2015 / 05:04

    Visa NGK kita dipandu sampai berhasi cara beternak lebah. Klu ada biaya perpaketnya brapa? Visa do kirim no HP supaya boss hubungan. Tx

    Suka

    • mas yono 25 Februari 2015 / 05:28

      saya siap membantu teknisnya,silahkan 081227497700

      Suka

  4. nugraha 31 Desember 2014 / 19:32

    Mas saya saya d rumah punya sarang lebah jenis ini, sarana pembuatan sarangnya alami dari pohon aren, tapi cara panennya susah mas, bahkan koloni lebahnya banyak yang kabur,
    mas jual box kosong gak,yang belum diisi koloni lebah? Kalau jual saya pesan mas,,
    Mohon bantuannya mas, saya sangat tertarik sekali untuk berternak lebah,,
    Terimakasih

    Suka

    • mas yono 1 Januari 2015 / 09:45

      silahkan datang langsung untuk bibit lebahnya pak

      Suka

      • avin fajar fatulloh 18 Februari 2015 / 04:23

        lokasinya di mana pak

        Suka

      • mas yono 18 Februari 2015 / 13:31

        temanggung jwa tengah

        Suka

  5. Depi 25 Desember 2014 / 05:53

    Saya minta saran membuat sarang lebah dari kotak

    Suka

  6. Mbah pelik 19 Desember 2014 / 00:13

    Mo tanya pak, jual kotak/rumah sarang lebah ngga?

    Suka

  7. muallim arif 3 Desember 2014 / 05:47

    bagaimana lebah bisa mau bersarang di tempat yang di tuju peternak. . .

    Suka

    • admin 3 Desember 2014 / 08:42

      pertama punya lebah dulu baru lokasi

      Suka

  8. adi 26 November 2014 / 08:39

    jenis lebah unggulan itu apa pak?

    Suka

  9. adi 26 November 2014 / 08:36

    jenis lebah unggulan itu jenis apa

    Suka

  10. arifin putra 26 November 2014 / 07:49

    pak numpank nanyakkk da gk tmpat budidaya lebah dsby…low ada tlonkkk infox daerah mna yg ada… mkach…tlonkkk ya pak

    Suka

  11. arifin putra 26 November 2014 / 05:54

    pak numpak nanyakkk da gk tmpat budidaya lebah dsby…low ada tlonkkk infox daerah mna yg ada… mkach…tlonkkk ya pak

    Suka

    • admin 26 November 2014 / 05:56

      Maaf sy kurang paham pa

      Suka

    • anom 29 Desember 2014 / 06:46

      Di jawa timur Ada peternak lebah pak…saya jg pternak lbah tp dtmanggung jateng

      Suka

  12. ainur rovicky 11 November 2014 / 01:17

    pak,apa yang menyebabkan gagal dalam pembuatan ratu lebah? dan bagaimana cara mengatasinya ?

    Suka

    • admin 11 November 2014 / 02:15

      kegagalan pembuatan ratu,

      1.beepollen tidak cukup
      2.ratu menerobos penyekat sehingga bakal ratu dibunuh
      3.kelaparan koloni
      4.penataan sisir yang belum tepat
      5.koloni berisi lebah ,terlalu sedikit
      6.dan penyebab lainnya

      Suka

  13. hari 23 Oktober 2014 / 13:22

    Kalo saya beli ratu d bpak, apa nanti Lebah”. Pekerja bsa dteng ke ratu itu pak.?

    Suka

    • admin 23 Oktober 2014 / 13:41

      tidak bisa,beternak hanya dengan ratu lebah,karena dalam koloni , harus lengkap,1 ratu lebah ribuan pasukan dan beberapa pejantan terimakasih telah berkunjung

      Suka

  14. Tri lestario 11 Oktober 2014 / 14:28

    bos…bisakah memecah koloni lebah lokal dengan cara seperti diatas ? Terima kasih

    Suka

  15. Saucy Power 11 September 2014 / 04:08

    Bagamana cara mengawinkan lebah ratu dan lebah jantan secara manual?

    Suka

  16. abdul ghofur 17 Agustus 2014 / 00:01

    ass. sy dr sukoharjo jateng, skrg di kaltim balikpapan mau tanya , apa bisa budidaya tawon madu di sekitar kebun karet , trims.

    Suka

  17. P Pri Ae 12 Agustus 2014 / 00:06

    saya ada lebah madu di rumah ,datanng
    sendiri ,bisakah dipindah ke kotak,bagaimana cara melihat kalo lebah itu sudah siap diambil madunya..

    Suka

    • admin 12 Agustus 2014 / 02:18

      pemindahan lebah liar ,bisa langsung di angkat dan memasukkan sarangta ,dengan catatan posisi tetap di tempat semula.

      Suka

  18. hendra 25 Juli 2014 / 11:34

    pak aku mau tanya, dalam pembuatan kotak kayu apa aja yang bisa digunakan?

    Suka

    • damarwulan 25 Juli 2014 / 12:12

      bahan kayu ,bisa dari kayu mahoni sengon atau jengkol

      Suka

  19. margo 30 Mei 2014 / 16:40

    pak slmt malam.saya mau ternak lebah.bisakah sy ketemu dulu. Saya ingin beli 50kotak saja dulu bisa ya .terimakash

    Suka

  20. dwi ritawati 3 Mei 2014 / 02:04

    gan koloni lebah liar pindah kekotak tapi gak ada ratunya apa bisa bertahan dan bisa menghasilkan ratu sendiri nantik , tri ya gan

    Suka

  21. hari subagio 2 April 2014 / 03:04

    bos sy di sby posisi anda dimana ? d skolah sy bnyak lebah di bunga markisa dan palm
    gimana jika apa mendapatkan ratunya saja apa bisa ?

    Suka

    • damarwulan 4 April 2014 / 10:21

      maaf tidak bisa hanya ratu saja. karena akan mati

      Suka

  22. lukman 6 Maret 2014 / 03:12

    saya sangat tertarik dengan budi daya lebah, pak kalau pesan dari sulawesi apa bisa dikirim

    Suka

  23. ujang 21 Januari 2014 / 10:29

    maksud saya bos menerima hasil panen madunya apa tidak?

    Suka

  24. ujang 21 Januari 2014 / 10:22

    bos kalau saya beli lebah dan menghasilkan banyak madu itu saya jualnya kemana? saya mau bermitra

    Suka

  25. doni 4 Januari 2014 / 13:42

    maaf gan, bisa psan 10 stup gak.?

    Suka

  26. bona purba 15 Desember 2013 / 03:41

    pak sy blm paham benar soal peternakan lebah sesuai1 panduan bapak, tp sy mohon bantuan pak dimana saya boleh lihat lokasi langsung kerna sy sangat tertarik benar soal buat madunya tx

    Suka

  27. sidiq 9 Desember 2013 / 16:06

    boleh belajar ternaknya gan….

    Suka

      • sidiq 10 Desember 2013 / 09:26

        ada cara yg mudah tidak gan buat memindahkan lebah liar ke dalam kotak bikinan kita ?

        Suka

      • sidiq 10 Desember 2013 / 09:30

        kalo boleh tau harga bibit untuksatu kotaknya b erapa y gan ?

        Suka

      • sidiq 10 Desember 2013 / 15:14

        maaf gan,itu sudah termasuk ongkir blm ?

        Suka

  28. Andi varga 6 Desember 2013 / 08:44

    Pak.gmn cara memindahkan lebah dr sarang liar ke kotak buatan sendiri.rencananya mo diternak

    Suka

  29. master don 25 November 2013 / 22:43

    satu koloni tapi lebahnya sedikit sekali, cara biar bisa cpt jd banyak gmana kang.?

    Suka

    • damarwulan 26 November 2013 / 14:39

      banyak faktor penyebab .bisa dari kurang makanan,tepung sari,kutu.dan tidak ada lebah ratu

      Suka

  30. toni 24 November 2013 / 08:36

    sip gan?

    Suka

  31. rozal 20 November 2013 / 05:23

    sy pesan bibit lebah kirim ke bandung bisa pak.sy mau coba60 kotak dulu .bisa ya

    Suka

  32. Abdul Latief 9 Oktober 2013 / 23:45

    Terima Kasih Bwnyak Tas info Nya Gan…Mudah2n Ilmu ny Bisa Ber Manfaat Buat Saya..!?

    Suka

      • Muhamad Yusuf 26 Mei 2014 / 16:57

        terimakasih banyak tas info nya boz…mudah” tambah sukses selalu :)

        Suka

      • damarwulan 27 Mei 2014 / 01:21

        amin. utuk lebih dalam silahkan datang … kami akan sangat senang

        Suka

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s