BAGAIMANA CARA LEBAH BERKOMUNIKASI ?

Lebah mempunyai cara yang sangat unik dalam hal berkomunikasi dengan sesamanya, khususnya para lebah pekerja. Pada saat pengembaraannya untuk mencari nektar, lebah selalu kembali dengan membawa contoh nektar yang ditemukannya, contoh ini kemudian diberikan kepada temannya lebah “penemu” nektar ini memberitahukan kepada kawan-kawannya.

tarian lebah

tarian lebah

Lebah madu menentukan arah dimana menemukan sumber makanan yang berupa nektar dari bunga menggunakan pedoman mata hari. Kita tahu bahwa matahari bergerak setiap detik berubah letak, dari mana para lebah ini dapat menentukan arah dengan pasti dan tidak melakukan kesalahn?

Di lain pihak para penemu nektar memiliki “keahlian” dalam berkomunikasi dengan sesma untuk menunjukkan jarak yang ditempuh dari sarang menuju ke sumber makanan, jauh dekatnya mereka menggunakan “bahasa tubuh” yang berbeda. Bila jaraknya dari sarang cukup jauh, para pemberi kabar ini menggunakan tarian yang berbeda.

tarian lebah

Berdasarkan penelitian para ahli serangga mengatakan, bahwa bila sumber makanan berjarak kurang dari 90 meter dari sarang, maka lebah membawa berita “mendendang” tarian dengan membentuk tarian lingkaran, sehingga merangsang lebah lain untuk mencari makanan di sekitar sarang. Namun bila serangga jauh dan lebih dari 90 meter, maka tariannya berkeliling membentuk setengah lingkaran dan menyilang lingkatan dengan berkibas-kibas.

Tiga Jenis Tariancara lebah berinteraksi
Lebah madu mempunyai tiga jenis tarian pokok yang telah dikenal. Tarian pertama adalah pola tarian melingkar yang membentuk angka delapan (8), tarian ini biasanya disebut dengan tari kibas-kibas dengan menggoyangkan perut ke kanan dan kiri. Tarian ini merupakan sebuah tarian untuk menggambarkan ke sesama lebah pekerja untuk menemukan sumber makanan pada jarak tertentu.
Tarian kedua adalah tarian melingkar yakni sebuah gerakan melingkar untuk mengajak lebah lain menemukan sumber makanan yang terdekat. Sedangkan tari dengung merupakan tarian untuk mengatur dua macam kegiatan koloni yaitu pergi mencari makanan dan terbang berkelompok. Lebah pelopor menarikan kibas-kibas untuk memberikan tempat sarang baru.

 

cara lebah berkomunikasi

cara lebah berkomunikasi

 

gambar diatas merupakan ajakan lebah untuk berkumpul,dan melakukan gerakan lainnya,bisa pergi atau datang

 

jika lebah mengepakkan sayapnya didalam sarang ,pada siang hari ,biasanya suhu didalam stup naik ,sehinga sayap mereka bergetar sehingga menimbulkan angin dan suhu didalam stup menjadi stabil

 

 

larva larva lebah juga membutuhkan suhu yang tepat untuk tetap bisa tumbuh dengan normal,dan dimalam hari,lebah akan berkumpul pada sarang yang memiliki larva,untuk menstabilkan suhu.

 

 

TAWON PENYERANG

lebah akan berkumpul di depan pintu dalam posisi siaga,dan sesekali bergerak serentak dengan cepat,bertanda memberikan peringatan bahwa lebah siap mati mempertahankan koloninya jika ada penyerang,ketika satu lebah mati dalam pertempuran,maka aroma racun yang tajam akan memanggil yang lainnya bahwa keadaan tidak aman,

cara lebah berkomunikasi

cara lebah berkomunikasi

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 30 other followers

%d bloggers like this: